PROFIL SMK NEGERI 1 TEMANGGUNG
  Jln. Kadar Maron

Selamat datang di Profil SMK NEGERI 1 TEMANGGUNG

SELAMAT DATANG DI SMK NEGERI 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG

Jl. Kadar Maron PO BOX 104 Temanggung - Jawa Tengah. Tlp/fax. (0293) 4901639. Website : http://www.stembatema.sch.id, email: smkn1_marontmg@yahoo.co.id

 


SMK Negeri 1 Temanggung dirintis sejak tahun 1969 dengan nama Proyek Pelita Sekolah Teknik Menengah (STM) Pembangunan Pertanian Temanggung. Saat itu STM Pembangunan mulai menerima siswa baru tahun 1973, dan secara resmi STM Pembangunan berdiri pada tahun 1975 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0310/O/1975, tanggal 31 Desember 1973 dengan program keahlian awalnya hanya Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), sampai saat ini sudah menambah 2 program keahlian lagi yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)  dan Kimia Analisis (KA).

1. Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)

Tujuan : Membekali peserta didik agar mampu mengindentifikasi bahan hasil pertanian dan produk olahannya, menangani bahan hasil pertanian, memahami kaitan antara bahan dengan mutu produk, mengolah bahan hasil pertanian menjadi berbagai produk olahan, mengemas produk,menyimpan dan menggudangkan hasil pertanian, menjalankan kegiatan produktif dalam bentuk usaha mandiri (bisnis mandiri) dibidang pengolahan hasil pertanian, menerapkan konsep berproduksi yang baik (Good Manufacturing Practice) dan mengendalikan keamanan pangan.

2. Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)

Tujuan : Menerapkan konsep dasar teknologi dalam kegiatan Agribisnis Tanaman Perkebunan, menentukan komoditas tanaman perkebunan yang akan diusahakan, melakukan teknis produksi tanaman perkebunan, mengelola pekerjaan kebun, menyusun proposal usaha tanaman perkebunan.

3. Kompetensi Keahlian : Kimia Analisis (KA 4 Tahun)

Tujuan : Memahami dasar-dasar analis, menyajikan sampel, mengidentifikasi bahan kimia, mengelola laboratorium, dasar kimia organik, analisa pangan dan non pangan, melakukan analisa organoleptik dan mutu mikrobiologi, menerapkan dasar kimia klinis, pengelolaan limbah industri, dan analisa data secara statistika.

KURIKULUM :

Kurikulum dikembangkan dengan menggunakan KTSP, yang selalu melibatkan proses singkronisasi kurikulum dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DuDi) untuk menyelaraskan kompetensi keahlian yang dibutuhkan siswa. Partner Industri yang dilibatkan dalam singkronisasi kurikulum diantaranya adalah:  PT. Coca Cola Bottling Semarang, PT. Chandra Buana Surya Semesta - Semarang, PT. Tirta Mas Megah-Temanggung, PT. Sukasari Mitra Mandiri, PT. Indofood CBP Sukses Makmur, T.bk - Semarang, PT. Pepsi Cola Indo Beverages Semarang, PT. Indofood Fritolay Makmur - Semarang, PT. Yuasa Food  Berkah Makmur, LIPI Yogyakarta, BPSMB Surakarta, dll. Dengan proses singkronisasi kurikulum tersebut, mendukung keterserapan alumni du dunia kerja, dimana keterserapan fresh graduate dalam kurun waktu 3 bulan mencapai 95% terserap didunia kerja. Apabila ingin cepat bekerja, Stemba (SMK Negeri 1 Temanggung) solusinya.

Penyusunan konsep untuk mengaplikasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 di SMK Negeri 1 Temanggung mulai dirintis pada tahun 2005. Pada tahun 2006 sekolah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 dari SAI Global Intenasional, dan telah melaksanakan resertifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2009, mengukuhkan SMK Negeri 1 Temanggung meraih sertifikat ISO 9001:2008 berbasis IWA 2:2007 (International Workshop Aggrement 2 : 2007). Pada tahun 2009 pula, SMK Negeri 1 Temanggung berubah status RSBI menjadi RSBI Invest, yang diberi kepercayaan untuk membantu sistem pengelolaan sekolah SMK lain yang tergabung dalam SMK Aliansi Invest. Hingga saat ini RSBI invest masih terus berlangsung, dan turut mendampingi SMK lain untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

link Website SMKN 1 Temanggung